Gejala Rabun Dekat yang Harus Anda Ketahui

Gejala Rabun Dekat yang Harus Anda Ketahui
Hasil gambar untuk farsighted problem

Jamisonooptical.com

Rabun dekat (hyperopia) adalah kondisi penglihatan yang umum di mana Anda dapat melihat objek yang jauh dengan jelas, tetapi objek di sekitarnya mungkin buram. Tingkat rabun dekat Anda memengaruhi kemampuan fokus Anda. Orang-orang dengan rabun jauh yang parah mungkin hanya melihat objek yang jaraknya cukup jauh, sementara mereka yang rabun dekat mungkin dapat melihat dengan jelas objek-objek yang lebih dekat.

Rabun dekat biasanya hadir saat lahir dan cenderung berjalan dalam keluarga. Anda dapat dengan mudah memperbaiki kondisi ini dengan kacamata atau lensa kontak. Pilihan perawatan lain adalah operasi. Ketika Anda dapat melihat hal-hal baik ketika mereka jauh, tetapi semuanya menjadi kabur dari dekat, inilah gejala rabun dekat. Kondisi ini juga disebut hiperopia. Ini berarti bahwa mata lebih fokus pada objek yang jauh daripada pada yang dekat.

Anak-anak dengan rabun dekat ringan dapat melihat baik dekat dan jauh tanpa koreksi, karena otot dan lensa di mata mereka dapat menyipit dengan sangat baik dan mengatasi rabun jauh. Tetapi seiring bertambahnya usia, semakin sulit untuk menyipit dengan baik, yang membuatnya lebih sulit untuk fokus pada hal-hal di kejauhan.

Gejala Rabun Dekat

Gejala Rabun dekat mungkin berarti :

  • Objek terdekat mungkin terlihat buram
  • Anda perlu menyipitkan mata untuk melihat dengan jelas
  • Anda memiliki mata lelah, termasuk mata terbakar, dan terasa sakit di sekitar mata
  • Anda mengalami ketidaknyamanan mata secara umum atau sakit kepala setelah jeda waktu yang lama dalam melakukan tugas-tugas dekat, seperti membaca, menulis, pekerjaan komputer atau menggambar.

Penyebab

– Mata Anda memiliki dua bagian yang memfokuskan gambar :

  • Kornea adalah permukaan depan mata Anda yang bening dan berbentuk kubah.
  • Lensa adalah struktur yang jelas tentang ukuran dan bentuk permen M&M.

Dalam bentuk mata yang normal, masing-masing elemen fokus ini memiliki kelengkungan yang sangat halus, seperti permukaan marmer. Kornea dan lensa dengan lengkungan melengkung (membiaskan) semua cahaya yang masuk untuk membuat gambar dengan fokus tajam langsung pada retina, di belakang mata Anda.

– Kesalahan bias

Jika kornea atau lensa Anda tidak melengkung secara merata dan lancar, sinar cahaya tidak dibiaskan dengan benar, dan Anda memiliki kesalahan bias. Rabun dekat terjadi ketika bola mata Anda lebih pendek dari biasanya atau kornea Anda terlalu sedikit melengkung. Efeknya adalah kebalikan dari rabun jauh. Pada orang dewasa dengan rabun dekat, objek yang dekat dan jauh dapat kabur.

– Kesalahan refraktif lainnya

Selain rabun jauh, kesalahan refraktif lainnya termasuk :

  • Rabun jauh (miopia). 

Rabun jauh biasanya terjadi ketika bola mata Anda lebih panjang dari biasanya atau kornea Anda terlalu melengkung. Alih-alih berfokus tepat pada retina Anda, cahaya difokuskan di depan retina Anda, menghasilkan penampilan buram untuk objek yang jauh.

Astigmatisme. Ini terjadi ketika kornea atau lensa Anda melengkung lebih tajam di satu arah daripada di yang lain. Astigmatisme yang tidak dikoreksi mengaburkan visi Anda.

  • Komplikasi

Rabun dekat dapat dikaitkan dengan beberapa masalah, seperti :

  • Mata juling. 

Beberapa anak dengan rabun dekat mungkin mengalami mata juling. Kacamata yang dirancang khusus yang mengoreksi sebagian atau semua rabun jauh dapat secara efektif mengatasi masalah ini.

  • Mengurangi kualitas hidup. 

Rabun jauh yang tidak terkoreksi dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Anda mungkin tidak dapat melakukan tugas sebaik yang Anda inginkan. Dan visi Anda yang terbatas dapat mengurangi kenikmatan Anda dari kegiatan sehari-hari.

  • Ketegangan mata. 

Rabun jauh yang tidak terkoreksi dapat menyebabkan Anda menyipitkan mata atau memaksakan mata untuk mempertahankan fokus. Ini dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala.

  • Keamanan terganggu. 

Keamanan Anda sendiri dan orang lain mungkin terancam jika Anda memiliki masalah penglihatan yang tidak dikoreksi. Ini bisa sangat serius jika Anda mengendarai mobil atau mengoperasikan alat berat.

Diagnosis dan Perawatan

Yang diperlukan untuk mendiagnosis rabun dekat adalah pemeriksaan mata dasar. Kacamata, lensa kontak, atau operasi koreksi penglihatan dapat memperbaiki penglihatan Anda. Jika masalah Anda parah, Anda mungkin harus mengenakan kacamata atau kontak setiap saat. Tetapi beberapa orang hanya membutuhkannya untuk melihat objek dari dekat, seperti ketika Anda membaca atau menjahit. Dengan rabun dekat, resep Anda adalah angka positif, seperti +3.00. Semakin tinggi angkanya, semakin kuat lensa.